Petualangan Hebat si Mois, Komik Literasi Menarik Sebagai Bahan Cerita untuk Anak Balita


Cuplikan isi komik literasi 'Petualangan Hebat si Mois'

Mois adalah seekor burung kecil yang hidup bersama ibu dan dua saudaranya. Mereka tinggal di sebuah sarang jerami di atas pohon jambu, di pinggir jalan pedesaan. Suatu pagi, ibu Mois pergi meninggalkan ketiga anaknya untuk mencari makan. Sebelum pergi, ibu berpesan kepada ketiga anaknya agar tetap tinggal di dalam sarang selama ia pergi. “Anak-anak, ibu akan pergi mencari makan hingga sore. Jangan pergi ke manapun, karena di luar banyak bahaya yang mengancam,” pesan ibu Mois. Sementara adik-adik Mois sibuk bermain, Mois justru ingin terbang ke luar sarang. Ia merasa telah beranjak dewasa dan sayapnya sudah cukup kuat untuk terbang. Meski adik-adiknya telah mengingatkan pesan ibu, Mois tetap nekat terbang. Akibatnya, ia jatuh tergeletak ke tanah karena sayapnya yang lemah. Seekor kucing yang melihatnya terjatuh segera menghampiri Mois dengan tatapan bengis, dan ingin segera menyantap Mois sebagai sasaran. Mois ketakutan dan berteriak memanggil ibu. Semakin lama si kucing semakin mendekati Mois. Mois semakin takut, namun beruntung ia diselamatkan oleh Petani yang kebetulan lewat melalui jalan itu. Petani mengangkat Mois dan mengembalikannya ke dalam sarang di atas pohon. Mois sangat lega karena ia berhasil diselamatkan petani dari bahaya terkaman kucing. Sore hari, ibu Mois datang membawa makanan. Mois memeluk erat sang ibu dan berkata dalam hati, “maaf ibu, mulai sekarang aku akan patuh kepada ibu! Ternyata, ibu selalu tahu dan memberikan apa yang terbaik bagi anaknya.”

kisah nyata burung kecil si Mois sebagai inspirator cerita komik "Petualangan Hebat si Mois"

Demikian cerita tentang Si Mois yang dikemas menjadi komik anak-anak oleh Pendidikan.id. Pembuatan ceritanya terinspirasi dari kisah nyata, dari seorang ayah yang menceritakan pengalamannya kepada tim Pendidikan.id. Suatu sore, sang ayah menemukan seekor burung kecil tergeletak lemas di depan teras rumahnya. Ia heran, mengapa ada burung jatuh di rumahnya. Karena merasa kasihan, ia memutuskan untuk merawat burung kecil tersebut dalam sebuah kotak. Ia dan kedua anaknya sepakat menamai burung itu si “Mois”. Keesokan harinya, burung kecil tersebut di kembalikan ke sarang yang terletak di atas sebuah pohon jambu di seberang jalan depan rumah. Sang ayah memiliki dua orang anak perempuan yang manis. Setiap malam, ia selalu berusaha mencari bahan dongeng cerita yang menarik untuk anak-anaknya sebelum tidur. Ada bahan dongeng yang diambil dari buku dan sumber lainnya, tapi ada juga yang berasal dari imajinasi sang ayah itu sendiri. Berdasarkan dari kisah Mois yang dialaminya, maka ayah ini mengarang sebuah cerita yang berisi nasihat bagi anaknya. “Saya mengarang cerita Mois dengan latar dan alur cerita sendiri, agar semakin mirip seperti dongeng sebelum tidur dan menarik bagi anaknya” cerita si ayah yang tak mau disebutkan namanya kepada tim Pendidikan.id. Ia memodifikasi cerita Mois agar dapat menasehati anaknya, tetapi dalam bentuk cerita dongeng dengan menyisipkan nilai-nilai nasihat di dalamnya. “Muncul ide bahwa Mois jatuh dari sarang karena nakal, tidak mau mendengarkan pesan orang tuanya,” jelas sang ayah. Kisah si Mois ini kemudian diuraikan dalam text per-scene dan ditambahkan gambar ilustrasinya oleh tim Pendidikan.id. Dan, taraaa! Cerita Mois dari pengalaman nyata sang ayah sudah dapat dinikmati semua anak Indonesia dalam bentuk komik yang menarik. Pesan yang dapat dipetik dari komik Mois ini tak jauh seperti harapan sang ayah sewaktu berdongeng pada kedua anaknya. Yakni jangan menganggap enteng nasihat orang tua dan selalu mendengarkan petuah yang diberikan oleh orangtua karena orang tua lebih berpengalaman dan tahu apa yang terbaik bagi anak-anaknya.
komik literasi 'petualangan hebat si mois'

Cover depan komik anak-anak 'Petualangan Hebat Si Mois'

Komik ‘Petualangan Hebat Si Mois’ dapat dibaca dan didownload gratis di komik.pendidikan.id atau langsung dari http://bsd.pendidikan.id/data/komik/petualangan_hebat_simois.pdf. Bisa juga didownload di aplikasi Buku Sekolah Digital melalui smartphone Anda dengan membuka menu komik pendidikan. Komik pendidikan dibuat khusus oleh Pendidikan.id untuk menjadi bahan literasi bacaan yang bermutu, positif dan menarik bagi anak-anak Indonesia mulai dari usia 3 - 12 tahun. Semua komik dapat diakses secara gratis, baik melalui website ataupun aplikasi smartphone. Yuk, baca cerita si Mois di komik pendidikan! (wr/ed: Lia)

0 Reviews


Contact


Follow & Bookmarking

Bookmark this
Advertisement