MGMP Biologi Jatim Gunakan Sistem PTO untuk Tryout Online USBN Biologi SMA, Wujudkan Digitalisasi Pendidikan


Tryout online USBN Biologi SMA kembali diadakan pada tahun ajaran 2019/2020 oleh MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Biologi Jawa Timur. MGMP Biologi Jawa Timur bekerjasama dengan Pendidikan.id untuk menggunakan PTO (Pendidikan Tryout Online) sebagai sistem / software ujian online. Acara diselenggarakan pada Sabtu (28/10/2019) di Multifunction Hall BG Junction Mall Surabaya. Peserta tryout berjumlah 550 siswa dari seluruh SMA Negeri dan Swasta di Jawa Timur termasuk Madura. Masing-masing siswa membawa perangkat pribadi baik smartphone maupun laptop, guna mengerjakan tryout secara online melalui website PTO usbnbiologi.pendidikan.id.

tryout online biologi, tryout USBN, tryout UNBK, MGMP Biologi jawa timur
Para peserta Tryout Online USBN Biologi 2019 Jawa Timur sedang mengerjakan tryout melalui smartphone masing-masing.

PTO (Pendidikan Tryout Online) merupakan sebuah sistem atau software yang memungkinkan sekolah / instansi untuk mengadakan ujian online. Sekolah / instansi terkait akan medapatkan domain khusus sebagai alamat website ujian online. Alur penggunaan PTO sangat mudah, dimulai dari penyusunan soal ujian oleh guru. Soal-soal yang sudah jadi kemudian diinput ke dalam website. Selanjutnya, para peserta ujian dapat mengerjakan ujian sesuai dengan tanggal yang ditetapkan melalui website tersebut.

Budi Santoso, ketua MGMP Biologi Jawa Timur, mengatakan bahwa sistem ujian online dengan PTO merupakan sebuah inovasi baru dalam dunia pendidikan. Selain praktis bagi panitia dalam melaksanakan acara Tryout Online massal, sistem online juga menjadi tolak ukur kemajuan pendidikan Indonesia secara teknis. “Saat ini sistem online sudah diterapkan dalam banyak aspek, terutama di berbagai negara maju. Dunia pendidikan di Indonesia juga perlu mulai mengadopsi sistem ini, seperti imbauan Kemendikbud untuk menyukseskan program digitalisasi sekolah,” jelas Budi.

digitalisasi pendidikan, digitalisasi sekolah, ujian online mandiri di sekolah
Para siswa peraih nilai tertinggi Tryout Online USBN Biologi 2019 Jawa Timur.

Digitalisasi sekolah sedang marak digalakkan dan dapat terealisasi dengan hadirnya PTO. Ujian sekolah tidak lagi menggunakan kertas dan alat tulis, sekolah pun tak perlu mengeluarkan biaya fotocopy soal. Nilai ujian secara otomatis dihitung oleh sistem, sehingga meminimalisir terjadinya human error saat penghitungan nilai. Hasilnya pun keluar dengan lebih cepat. Keunggulan lainnya yaitu PTO juga bisa digunakan melalui perangkat smartphone sehingga lebih praktis. Keamanan soal terjaga, karena soal ujian baru akan terpublikasi pada jam yang telah diatur oleh guru.

Setelah selesai digelar dalam dua sesi penyisihan, Tryout Online USBN Biologi SMA 2019/2020 di BG Junction diakhiri dengan sesi final. Peserta finalis berjumlah 100 orang dan berakhir dengan pengambilan 5 nilai tertinggi. Apresiasi nilai tertinggi diraih oleh siswa SMAN 1 Malang, SMAK Frateran Surabaya, SMAN 21 Surabaya, SMAN 5 Surabaya dan SMAN 1 Kamal. Rahyang peraih juara 1 dari SMAN 1 Malang mengaku senang dapat mengikuti tryout ini karena selain dapat mempersiapkan diri untuk ujian sekolah, ia juga bisa berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai daerah.

Info lebih lanjut tentang PTO, kunjungi tryoutonline.id

0 Reviews


Contact


Follow & Bookmarking

Bookmark this
Advertisement